Moka Logo
Ingin Memulai Usaha dari Nol Hingga Sukses? Ini 10 Tipsnya

Tips Bisnis

Ingin Memulai Usaha dari Nol Hingga Sukses? Ini 10 Tipsnya

4 min
GradyGrady

Ingin Memulai Usaha dari Nol Hingga Sukses? Ini 10 Tipsnya – Memulai usaha dari nol memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan tekad yang kuat, usaha keras, dan kemauan untuk terus belajar. Lihat saja kisah-kisah inspirasional para pengusaha seperti Chairul Tanjung, Susi Pudjiastuti, atau Iwan Suwito yang berjuang keras dari nol hingga bisa sukses seperti saat ini.

Jadi bagi Anda yang masih takut untuk memulai usaha, kini saatnya untuk merubah paradigma Anda. Hilangkan prasangka bahwa memulai bisnis dari nol adalah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Ada banyak cara memulai usaha yang bisa Anda terapkan.

Namun sebagai permulaan, Anda bisa mengikuti 10 tips suksesnya berikut ini.

Ingin Memulai Usaha dari Nol Hingga Sukses? Ini 10 Tipsnya

1. Sesuaikan dengan passion Anda

tips mulai usaha dari nol

Tidak peduli sesering apapun Anda mendengarnya, passion adalah salah satu faktor terpenting untuk memulai sebuah usaha. Bahkan bukan hanya untuk memulai, tetapi juga untuk mengelolanya hingga sukses.

Untuk memulai dan menjalankan suatu usaha, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan semua lininya. Jadi apabila tidak berdasarkan kecintaan, maka seluruh waktu yang Anda habiskan untuk membangun usaha dari nol akan terasa seperti beban yang berat.


2. Susun business plan sebaik mungkin

tips mulai usaha dari nol

Memulai usaha dari nol berarti harus mempersiapkan perencanaan matang yang dituangkan dalam business plan.

Business plan yang baik adalah kunci kesuksesan usaha yang Anda bangun. Anda harus memetakan rencana Anda beberapa tahun ke depan. Tujuan apa yang ingin Anda raih, dan cara apa yang akan Anda gunakan untuk meraihnya.

Baca juga: Ingin Resign dan Membuka Usaha Sendiri? Simak 5 Tips Berikut…

Ada banyak alasan mengapa business plan adalah faktor penting sebelum memulai bisnis, antara lain untuk memudahkan Anda mendapatkan pinjaman modal, untuk menilai apakah bisnis Anda memungkinan untuk dimulai, sekaligus sebagai salah satu cara untuk meyakinkan investor untuk bergabung bersama visi Anda.


3. Pelajari pasar terlebih dahulu

tips mulai usaha dari nol

Senjata utama dalam memulai usaha dari nol adalah riset pasar yang komprehensif. Selama melakukan riset pasar, Anda perlu mempelajari dinamikanya, siapa saja kompetitornya, siapa dan bagaimana karakteristik target pasar Anda.

Anda juga dapat menemukan celah mana yang bisa Anda manfaatkan. Memulai usaha tanpa memahami pasar sama saja dengan menyimpan bom waktu. Mungkin tidak sekarang, tapi usaha yang sudah Anda bangun dari nol dapat runtuh sewaktu-waktu.


4. Tentukan produk Anda

tips mulai usaha dari nol

Sebelum memulai usaha, Anda harus menentukan produk apa yang ingin Anda tawarkan kepada calon pembeli. Baik itu berupa jasa maupun barang. Produk yang Anda tawarkan haruslah berupa solusi yang dapat memudahkan calon pembeli Anda. Ini lah mengapa riset pasar menjadi langkah yang krusial.

Baca juga: Pengertian, Contoh, Manfaat Memiliki Target Pasar untuk Bisnis

Dari hasil riset yang mendalam, Anda dapat mengetahui persis produk apa yang tepat bagi target pasar yang ingin Anda tuju. Setelah menentukan produk, Anda bisa melakukan uji coba pasar. Lemparkan produk Anda ke pasar terbatas, misalkan di lingkungan keluarga, tetangga, atau pertemanan Anda.

Namun pastikan bahwa hasil percobaan yang Anda lakukan memang pas dengan pasar yang ingin Anda tuju. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa produk Anda memiliki tempat di pasar.


5. Tingkatkan kemampuan Anda

tips mulai usaha dari nol

Saat memulai usaha dari nol, berarti Anda harus terus belajar, belajar, dan belajar. Masih banyak ilmu yang Anda harus kuasai agar usaha Anda sukses. Kemampuan untuk melakukan penjualan, pemasaran, dan menjalin network adalah hal yang wajib Anda kuasai.

Oleh karena itu, cara memulai usaha yang baik adalah dengan rajin-rajin mengikuti seminar, workshop, online course, ataupun mentoring.

Anda juga bisa mempelajari kisah-kisah pebisnis yang berhasil memulai dari nol hingga sukses. Dari kisah-kisah mereka Anda dapat mempelajari kegagalan yang mereka alami, serta bagaimana cara untuk bangkit dari dari kegagalan tersebut.


6. Luncurkan usaha Anda

tips mulai usaha dari nol

Setelah Anda melakukan segala perencanaan dan persiapan maka yang perlu Anda lakukan adalah mengeksekusinya. Ingat bahwa memulai usaha dari nol bukanlah sesuatu yang mustahil. Jangan mundur ketika hal tidak berjalan sesuai dengan rencana.

Itu adalah tantangan yang pasti dihadapi oleh setiap pengusaha sukses. Dari situ, Anda dapat belajar cara menyesuaikan diri dengan dunia usaha yang selalu berubah setiap waktu.

Anda juga bisa belajar bagaimana mengatur ulang strategi dalam waktu yang singkat untuk menjawab tantangan tersebut.


7. Selalu lakukan evaluasi

lakukan evaluasi usaha secara rutin

Setiap pebisnis yang baru saja merintis usahanya pasti melakukan berbagai kesalahan sepanjang kariernya.

Namun mereka berhasil memperbaiki satu persatu kesalahan tersebut hingga sukses seperti sekarang senantiasa melakukan evaluasi dari setiap kesalahan dalam pengambilan keputusan di tengah jalan.

Jadi, jangan pernah sepelekan evaluasi. Untuk itu kiranya penting untuk menyimpan segala catatan secara detail sebagai bahan evaluasi yang lebih komprehensif.

Untuk mempermudah proses evaluasi Anda, Moka memiliki fitur COGS di mana Anda dapat memantau harga beli untuk setiap barang yang dijual. Moka dapat membantu Anda menghitung rata-rata pengeluaran hingga memantau laba bersih dan kotor yang didapat dari penjualan Anda.


8. Tingkatkan kualitas produk

meningkatkan kualitas produk

Setelah Anda melakukan evaluasi, maka pergunakan hasilnya untuk meningkatkan kualitas produk Anda. Jangan ragu untuk berinovasi dalam menciptakan produk yang lebih baik lagi karena tidak ada perusahaan yang puas pada satu produk saja.

Apabila Anda tidak meningkatkan kualitas produk, maka seluruh kerja keras untuk membangun usaha dari nol akan sia-sia.


9. Miliki layanan pelanggan yang baik

customer service yang baik

Pada awal berjalannya usaha pasti ditemukan berbagai kesalahan. Kesalahan-kesalahan ini mungkin menghasilkan komplain dari pelanggan Anda. Oleh karena itu, Anda wajib memiliki layanan pelanggan yang ramah, informatif, serta solutif.

Gunanya adalah ketika pelanggan mengajukan komplain, Anda dapat memberikan solusi yang bersifat win-win. Dengan demikian kekecewaan pelanggan Anda dapat terobati dan usaha yang sudah Anda bangun dari nol tidak akan tercoreng namanya.

Baca Juga: Data-Data Terbaru seputar Tren Bisnis Kedai Kopi di Indonesia


10. Scale up bisnis Anda

memajukan bisnis

Memulai usaha dari nol memang sebuah prestasi yang membanggakan. Namun prestasi Anda tidak bisa berhenti sampai disitu saja. Untuk menjalankan usaha hingga sukses Anda harus scale up bisnis Anda. Anda harus meningkatkan dan memperbesar usaha agar semakin memiliki cengkraman kuat di pasaran.

Misalnya, Anda membuka satu buah restoran di satu lokasi. Tentu Anda tidak bisa selamanya mengandalkan satu gerai tersebut. Buka cabang di lokasi lain baik itu dengan skema waralaba atau yang lain.

Namun poin penting dalam melakukan scale up adalah konsistensi kualitas produk Anda. Jangan sampai setelah scale up, kualitas produk Anda malah menurun tajam. Kerja keras bertahun tahun untuk membangun usaha dari nol yang telah Anda kerahkan pun akan sia-sia.


Nah, bagaimana dengan Anda?

Sejatinya, banyak cara memulai usaha yang bisa Anda aplikasikan. Namun tekad kuat lah yang dapat membuat usaha Anda berjalan lancar. Apabila Anda hanya bermimpi menjadi pengusaha, tanpa adanya upaya untuk memulai maka ia tidak akan pernah terwujud.

Semoga dari sepuluh tips di atas dapat memberikan pelajaran bahwa perjalanan dari nol hingga sukses bukanlah sesuatu yang mustahil.

Social Media Share :
Grady Laksmono

Grady Laksmono

Co-Founder of Moka.