Moka Logo
Franchise Mie Gacoan: Modal Biaya, Syarat, Keuntungan, dan Cara Daftar

Tips Bisnis

Franchise Mie Gacoan: Modal Biaya, Syarat, Keuntungan, dan Cara Daftar

7 min

by

Makanan pedas merupakan salah satu santapan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini tak lain karena beragam jenis masakan khas Indonesia yang banyak melibatkan cabai di dalamnya. Bahkan, data mengungkapkan total konsumsi cabai bagi tiap orang adalah 4 kilogram per tahunnya. Ini menunjukkan tingginya minat masyarakat akan spicy food.

Salah satu bisnis F&B yang menawarkan makanan pedas, yakni Mie Gacoan, menjadi sangat fenomenal beberapa tahun belakangan. Semua ini tentu karena produk yang dijual dapat memenuhi keinginan pasar. Apakah Anda ingin terlibat di dalam sektor bisnis tersebut? Begini cara selengkapnya untuk franchise Mie Gacoan!

Mie Gacoan sangat terbuka dengan kolaborasi dalam bentuk franchise, terbukti dari banyaknya cabang yang telah dimilikinya. Sekarang ini Gacoan telah tersedia di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Solo, Bandung, Bali, Depok, Semarang, Bogor, dan banyak lagi kota lainnya. Jika belum mendapati Mie Gacoan di sekitar Anda, mungkin ini saat yang tepat untuk franchise Mie Gacoan.

Mie Gacoan sendiri belum pernah mengumumkan secara resmi mengenai harga franchise yang mereka tetapkan. Namun, informasi mengenai hal ini pernah dibeberkan di forum dagang Facebook. Lapak tersebut mengungkapkan bahwa harga franchise Mie Gacoan adalah mulai dari Rp125 juta. Informasi selebihnya dapat Anda peroleh dari website resmi mereka di sini.

Keuntungan Franchise Mie Gacoan

Mie Gacoan adalah merek dagang dari jaringan restoran mie pedas nomor satu di Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari PT Pesta Pora Abadi. Didirikan sejak 2016, merek dagang Mie Gacoan kemudian berhasil merajai kawasan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan berencana memperluas lagi jangkauannya hingga skala nasional.

Kepiawaian manajemennya dalam memperluas jangkauan dan membuat merek dagang ini menjadi andalan bagi banyak orang tentu sudah menawarkan keuntungan di permulaan ketika Anda akan franchise Mie Gacoan. Anda tidak perlu melakukan usaha mulai dari nol untuk memperkenalkan brand ini ke masyarakat.

Di sisi lain, menjalankan bisnis F&B (Food and Beverage) juga akan memberikan keuntungan yang pasti, mengingat kebutuhan pokok manusia adalah makan. Dibandingkan dengan jenis usaha lain, bisnis makanan dan minuman mungkin bisa dibilang membutuhkan modal yang cenderung kecil. Kuncinya adalah pada kualitas pelayanan dan produk supaya unit usaha Anda digemari konsumen.

Baca juga: Franchise Indonesia: Pengertian, Contoh Bisnis, Peluang

Kelebihan Franchise Mie Gacoan

Penjelasan di atas hanya sebagian dari sekian banyaknya keuntungan yang akan Anda peroleh ketika menjalankan bisnis franchise Mie Gacoan ini. Berikut ulasan selengkapnya!

  • Brand sudah dikenal banyak orang

Mie Gacoan termasuk sebagai restoran mie pedas di Indonesia yang sudah cukup dikenal banyak orang. Bahkan, bukan hanya remaja saja yang rela meluangkan waktu dan uangnya untuk beli makanan di outlet mereka, melainkan juga dari kalangan keluarga dan orang tua. Ini menunjukkan betapa brand Mie Gacoan sudah berada di benak setiap lapisan masyarakat.

Bisnis yang sudah menjadi top of mind banyak orang tentu menawarkan pendapatan dan keuntungan legit. Anda tidak perlu khawatir bagaimana cara membalikkan modal bila popularitas dan kualitas yang ditawarkan oleh bisnis tersebut sudah terjamin. Sebagai pemilik franchise, Anda perlu memaksimalkan tempat makan, lahan parkir, dan rekrutmen SDM terbaik.

  • Harga menu yang terjangkau

Popularitas Mie Gacoan selain disebabkan oleh produk yang ditawarkan mungkin juga disebabkan oleh harga menu yang terjangkau. Bayangkan saja, harga satu porsi mie mereka adalah sekitar Rp10 ribuan, termasuk dua pangsit goreng yang cukup besar. Kemudian, harga camilan mereka adalah sekitar Rp8 ribu sampai Rp10 ribuan untuk tiga isian di dalamnya.

Harga minuman di Mie Gacoan cukup bervariasi, mulai dari Rp4 ribu untuk air putih dan Rp8 ribuan untuk minuman yang membutuhkan banyak kondimen. Dengan tarif yang terjangkau, artinya Mie Gacoan dapat dijangkau oleh berbagai macam kalangan, mulai dari status ekonomi menengah ke atas hingga pelajar yang belum bekerja. 

  • Konsep menu yang unik

Mie Gacoan sebagai bisnis yang menawarkan menu mie pedas tentunya tetap berusaha menjangkau kalangan yang tidak mengonsumsi makanan pedas. Itulah mengapa mereka memiliki level kepedasan mulai dari 0-5 sehingga pelanggan dapat menyesuaikan sendiri berdasarkan tingkat kesanggupannya.

Nama-nama yang disematkan pada setiap menu mereka juga unik, misalnya mie suit, mie hompimpa, udang rambutan, es gobak sodor, es petak umpet, es sluku bathok, dan lain-lain. Dengan diksi yang diambil dari permainan-permainan tradisional tersebut, Mie Gacoan tidak hanya memasarkan mie pedas, tapi juga kebudayaan Indonesia itu sendiri.

  • Peluang menjangkau kalangan muda besar

Mie Gacoan yang menetapkan harga terjangkau dan keberagaman menu menunjukkan bahwa bisnis tersebut berusaha menjangkau sebanyak mungkin orang, termasuk kalangan muda. Kita tahu bahwa anak muda tentu memiliki keinginan yang sama untuk makan di luar atau nongkrong, tapi terkendala budget. Di situlah tujuan Mie Gacoan hadir.

Tidak hanya soal harga, outlet Mie Gacoan biasanya juga didesain cukup lega dan aesthetic sehingga bisa memenuhi kebutuhan milenial dan generasi z yang ingin mendapatkan dokumentasi terbaik. Bahkan, tempat parkirnya pun cukup luas untuk menampung motor maupun mobil konsumen. Jadi, siapa pun bisa lebih nyaman saat akan makan di sana.

Bagi pelanggan yang ingin merasakan kenikmatan Mie Gacoan di rumah, Anda juga dapat memesannya melalui layanan pengantaran makanan online, seperti GoFood, GrabFood, hingga ShopeeFood. Bahkan, pemesanan yang dilakukan melalui platform tersebut juga dibedakan pelayanannya sehingga tidak perlu mengantre di jalur pelanggan yang datang langsung.

Kekurangan Franchise Mie Gacoan

Banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh Mie Gacoan tidak membuat bisnis ini lantas tidak ada poin minusnya. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin juga perlu Anda pertimbangkan.

  • Antrean yang panjang

Mie Gacoan memang sukses menjangkau berbagai kalangan dan inilah yang membuat restorannya tidak pernah sepi dari pelanggan. Antrean terus bertambah, khususnya pada jam-jam makan dan berbuka. Dengan jumlah antrean yang sangat panjang, sebuah bisnis harus mampu melayani setiap pelanggan secara cepat dan berkualitas.

Jika Anda ingin franchise Mie Gacoan, pastikan bahwa Anda sudah mengerahkan upaya terbaik untuk melatih setiap SDM yang terlibat di dalamnya. Dengan begitu, bisnis Anda tetap dapat memberikan pelayanan terbaik walaupun antrean sedang mengular panjang. Jaga juga kualitas produk yang Anda tawarkan karena inilah yang akan membuat mereka mau kembali ke bisnis Anda.

Sekarang ini Mie Gacoan sudah memberlakukan alarm otomatis untuk masing-masing pelanggan yang akan berbunyi ketika pesanan sudah siap. Alat ini diberikan pada pemesan camilan sehingga setiap konsumen harus self-service ketika ingin mengambil pesanan camilannya. Namun, untuk pesanan mie tetap akan diantar petugas. Hal semacam ini tentu bisa mempercepat penyajian.

  • Keuntungan bisnis sangat bergantung pada reputasi pemegang lisensi brand

Kunci kesuksesan bisnis sebenarnya tidak bergantung pada satu aspek saja seperti kualitas rasa yang ditawarkan, melainkan juga pada kepercayaan masyarakat terhadap bisnis tersebut. Trust ini terkadang juga dipengaruhi oleh penilaian sebuah lembaga terhadap bisnis tersebut, misalnya MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Anda mungkin tahu bahwa Mie Gacoan sebelumnya punya nama-nama menu yang identik dengan tema horor. Hal ini kemudian membuat MUI menunda pemberian sertifikat Halal kepada bisnis F&B tersebut. Keputusan semacam ini pastinya memiliki dampak, khususnya bagi masyarakat yang memang telah lebih dulu mempercayai MUI daripada unit bisnis itu sendiri.

Untungnya, pihak Mie Gacoan segera mengganti nama-nama menunya menjadi seperti yang sekarang. Itulah mengapa bisnis tersebut kini sudah mengantongi predikat Halal dari MUI mulai bulan Juni 2023 yang lalu. Bahkan, sertifikat Halal tersebut berlaku di seluruh cabang Mie Gacoan, termasuk central production-nya.

  • Persaingan yang tinggi dari imitator

Kesuksesan Mie Gacoan tidak lantas membuat bisnis ini menjadi andalan satu-satunya bagi masyarakat Indonesia. Saat ini banyak sekali unit usaha yang mencoba meniru menu-menu yang dihadirkan oleh Mie Gacoan, bahkan mungkin dengan harga yang lebih murah lagi. Inilah yang disebut sebagai kompetitor.

Pesaing yang menawarkan produk serupa mungkin menghadirkan tantangan tersendiri, tapi bisnis dengan produk yang sama juga membuat usaha utama mungkin terkena dampaknya. Bagaimana pun inilah yang nyatanya dihadapi oleh Mie Gacoan dalam mengembangkan bisnisnya. Jika Anda akan franchise, pastikan untuk menjadi pelaku usaha yang mementingkan kualitas dan pelayanan supaya dapat mengalahkan kompetitor.

Cara membuat masyarakat lebih memilih produk Anda dibandingkan dengan unit usaha lainnya adalah dengan berusaha menjadikan bisnis Anda top of mind mereka. Ketika bisnis Anda menjadi yang paling diingat oleh mereka, pelanggan akan terus membeli produk dari Anda, bahkan merekomendasikannya ke orang lain.

Baca juga: 8 Rekomendasi Bisnis Franchise di Bawah 5 Juta, Minat Coba?

Syarat Menjadi Franchise Mie Gacoan

Syarat franchise Mie Gacoan itu bukan hanya modal usaha saja, lho! Anda juga harus memenuhi beberapa poin berikut agar umur bisnis Anda bertahan lama.

  • Memiliki modal yang cukup

Modal memang menjadi poin terpenting saat akan mendirikan usaha, termasuk franchise. Untuk franchise Mie Gacoan sendiri Anda harus menyiapkan setidaknya Rp125 juta. Nominal tersebut tidak dijabarkan dengan teliti apa saja yang termasuk di dalamnya, yang jelas Anda masih harus menyiapkan lahan dan bangunannya terlebih dahulu.

Tantangan ketika Anda hendak membuka cabang franchise Mie Gacoan memang terletak pada ketersediaan lahan parkir serta bangunan yang luas. Sebagai bisnis F&B yang menjangkau berbagai kalangan, Anda tentu harus menyediakan seluas-luasnya tempat makan maupun tempat parkir bagi mereka. Dengan begitu, konsumen dapat makan lebih tenang dan nyaman.

Setelah modal dari segi tempat sudah tercukupi, kini saatnya memikirkan tentang pembelian nama atau brand itu sendiri. Biasanya, brand-brand seperti ini akan menyediakan sistem manajemen dan stok barang mentahnya. Sehingga, kemungkinan besar Anda harus menyiapkan karyawan dan modal untuk menggaji mereka.

  • Telah menentukan lokasi yang strategis

Persis seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama, lokasi memegang peranan krusial saat Anda akan franchise Mie Gacoan. Sebab, meski dibuka di kota kabupaten sekalipun, Mie Gacoan bakal tetap dapat mencuri hati pelanggan. Inilah yang membuat tempatnya selalu ramai konsumen sehingga Anda harus pandai memilih lokasi strategis yang luas.

Jika Anda belum memiliki tanah dan bangunan atas nama sendiri, tidak masalah untuk menyewa terlebih dahulu. Anda mungkin juga bisa mempertimbangkan biaya sewa dibandingkan dengan beli. Perhitungkan antara kenaikan setiap tahunnya, potensi usaha Anda, hingga modal awal yang Anda miliki.

  • Mengikuti standar desain yang ditentukan

Karena Mie Gacoan yang akan Anda buka di daerah terdekat adalah dalam bentuk franchise, otomatis standar desain telah mereka tentukan. Hal ini dilakukan agar antara satu outlet dengan outlet lainnya terlihat seragam walaupun sudah tersebar di berbagai wilayah. Desain yang sama tentu juga mencerminkan profesionalitas mereka dalam mengelola usahanya.

Anda mungkin juga akan ditawarkan paket franchise yang sudah include dengan dekorasi ruangannya. Sehingga calon pemilik usaha betul-betul tinggal menyiapkan uang dan tempat usahanya saja. Meski begitu, Anda harus memanggil tenaga profesional dalam rangka instalasinya dan ini mungkin termasuk dalam budget yang Anda keluarkan untuk Mie Gacoan.

  • Memiliki fasilitas pendukung yang lengkap

Syarat utama membuka usaha Mie Gacoan adalah menyiapkan tempat yang semakin mendukung kenyamanan pelanggan. Bukan hanya beberapa poin yang disebutkan di atas, fasilitas pendukung lain yang akan semakin mendorong kemajuan usaha Anda mungkin juga termasuk WiFi gratis bagi para pelanggan.

Sebagian besar outlet Mie Gacoan sudah menyediakan fasilitas ini sehingga seorang pelanggan yang mampir untuk makan sendiri pun akan merasa nyaman karena mereka bisa sambil internetan. Sediakan juga tempat parkir untuk roda empat yang cukup luas sehingga pelanggan yang hadir bersama rombongan dapat terakomodasi dengan baik.

Baca juga: 15 Franchise Makanan Terlaris dan Paling Menguntungkan 2022

Cara Daftar Franchise Mie Gacoan

Mie Gacoan memang tidak mengumumkan secara resmi terkait syarat dan ketentuan serta biaya franchise mereka. Akan tetapi, Anda bisa menghubungi tim mereka dari berbagai sarana telekomunikasi, mulai dari WhatsApp, Instagram, email, bahkan nomor telepon mereka. Supaya lebih mudah, simak detail langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Buka website Mie Gacoan di alamat berikut;
  • Di sudut kanan atas, pilih opsi ‘Contact’. Anda akan diminta untuk mengisi formulir dengan data pribadi dan alamat email;
  • Lengkapi formulir dengan memasukkan nama, email, nomor telepon, dan pesan Anda. Dalam pesan, tanyakan informasi tentang ketersediaan kerja sama dengan Mie Gacoan;
  • Setelah menanyakan tentang semua informasi yang dibutuhkan, tekan tombol ‘Kirim’. Selanjutnya, tunggu balasan dari pihak manajemen Mie Gacoan.

Selain mengikuti SOP franchise Mie Gacoan yang sudah ditentukan, jangan lupa untuk meningkatkan pelayanan bisnis Anda dengan menggunakan aplikasi kasir yang praktis untuk berbagai macam pembayaran. Dalam hal ini, serahkan semuanya kepada Moka POS yang telah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun dalam mempermudah pembayaran bisnis.

Bukan hanya dapat menerima pembayaran dari berbagai sumber, Moka POS juga akan membuat penghitungan pajak usaha dan pengelolaan stok menjadi lebih mudah. Berikan nota pembayaran kepada pelanggan dengan cara yang lebih ramah lingkungan melalui pesan SMS atau email. Mari, bawa perkembangan bisnis Anda sesuai dengan perkembangan zaman bersama Moka POS!

Social Media Share :