Moka Logo
Franchise Es Teh Indonesia: Harga Modal, Syarat, dan Cara Daftar

Tips Bisnis

Franchise Es Teh Indonesia: Harga Modal, Syarat, dan Cara Daftar

7 min

by

Tren minuman manis semakin menemukan pasarnya di tanah air. Hal ini dibuktikan dengan hasil riset yang menyatakan bahwa ada 61,5% masyarakat Indonesia yang mengonsumsi minuman manis setidaknya sehari sekali, dengan 63,1% diantaranya meminum es teh manis. Itulah yang membuat brand Es Teh Indonesia berhasil menduduki puncak popularitasnya.

Es Teh Indonesia merupakan bisnis F&B yang CEO-nya adalah seorang artis terkenal, yaitu Nagita Slavina. Bisnis ini baru mulai beroperasi sejak 2018, tapi hingga saat ini gerainya sudah mencapai 1000+ cabang di seluruh Indonesia. Penasaran bagaimana syarat dan ketentuan serta biaya untuk franchise Es Teh Indonesia? Simak sampai habis karena kami akan berikan penjelasan lengkapnya!

Kelebihan Franchise Es Teh Indonesia

Brand minuman manis yang sudah dikenal masyarakat Indonesia secara luas ini tentu punya banyak kelebihan jika di-franchise-kan. Apa saja pertimbangan-pertimbangan tersebut?

  • Brand awareness yang baik

Keuntungan pertama ketika Anda franchise Es Teh Indonesia adalah brand awareness-nya sudah merata ke berbagai kalangan dengan baik. Sesuai namanya, bisnis F&B ini berhasil memenuhi keinginan sebagian besar masyarakat Indonesia, yakni menyediakan es teh, yang menjadi minuman favorit kita.

Dengan brand awareness yang sudah terbangun sangat baik di awal, Anda sebagai pelaku usaha tak perlu repot memperkenalkan brand ini kepada pelanggan. Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mencari lokasi strategis, memilih SDM yang akan terlibat, dan menyerahkan modal bisnis kepada PT ESTEH INDONESIA MAKMUR sebagai pemilik franchise.

  • Biaya franchise yang cukup terjangkau

Sampai hari ini, Es Teh Indonesia belum pernah mengumumkan secara resmi mengenai budget partnership bersama mereka. Namun, nominal yang ramai beredar berada di kisaran Rp135 juta dengan Rp130 juta untuk modal awal dan Rp5 juta untuk licence fee setiap tahunnya. Kisaran nominal tersebut juga mungkin berubah seiring bertambahnya tahun.

Biaya Rp130 juta yang mereka tetapkan sudah termasuk marketing tools, seperti menu, flyer, design untuk pembukaan, dan roll banner. Anda juga akan memperoleh seragam bagi para karyawan Es Teh Indonesia nantinya. Namun, biaya tersebut belum mencakup penyewaan atau perbaikan tempat usaha Anda.

Jika ingin lebih hemat, Anda bisa memulai bisnis franchise Es Teh Indonesia dengan menggunakan truck. Dengan begini, pengeluaran untuk penyewaan tempat dan renovasi dapat diminimalkan. Berbisnis minuman di food truck juga akan membuat Anda lebih fleksibel dalam menentukan tempat berjualan, lho!

  • Adanya dukungan bagi mitra franchise

Bisnis yang berbasis franchise biasanya tidak membiarkan pemilik cabang merasa sendirian saat akan memulai usaha tersebut. Sama halnya dengan Es Teh Indonesia, mereka juga menyediakan dukungan bagi mitra franchise dalam bentuk pelatihan dan penyediaan bahan baku. Sehingga, kualitas produk dan layanan diharapkan sama dari hulu ke hilir.

Bagi pemilik franchise Es Teh Indonesia, dukungan ini tentu sangat menguntungkan. Beberapa dari Anda mungkin belum pernah mengelola bisnis sebelumnya, tapi ingin mulai terjun di sektor ini. Dengan dukungan dari pemilik pusat, Anda tentu bisa menjadikan ini sebagai bekal awal sekaligus meneladaninya untuk kemungkinan usaha di masa mendatang.

  • Kemudahan menjangkau target market luas

Memulai bisnis itu punya beberapa fase yang cukup berat, salah satunya ketika meratakan brand awareness ke masyarakat. Brand awareness adalah tindakan memperkenalkan bisnis Anda ke calon konsumen supaya mereka mengetahui dan mengenali eksistensi bisnis Anda. Nah, tahapan semacam ini tidak perlu Anda lakukan lagi ketika franchise Es Teh Indonesia.

Brand Es Teh Indonesia sudah cukup besar sehingga berbagai lapisan masyarakat di daerah pun mengenalnya. Bahkan, tak jarang orang mengenali brand ini sebagai usaha milik Nagita Slavina. Hal itu memungkinkan calon konsumen tidak hanya mempercayai Es Teh Indonesia sebagai sebuah merek dagang, melainkan juga mempercayai pengelolaan Nagita Slavina atas brand ini.

  1. Menu yang bervariasi dan populer

Nama brand ini memang Es Teh Indonesia, tapi bukan berarti menunya hanya seputar es teh. Sekarang ini sudah ada puluhan menu minuman yang bisa Anda sajikan, mulai dari milk tea, chizu seriez, fresh tea series, fruit tea series, chocolate series, sampai menu minuman yang zero calories. Bahkan, di beberapa outlet sudah tersedia menu ice cream dan toast.

Keberagaman menu tersebut merupakan inovasi yang diwujudkan oleh Es Teh Indonesia, mengingat dulu menu mereka hanya es teh manis, es teh leci, es teh lemon, es teh susu, dan thai tea saat tahun 2018. Hingga akhirnya penjualan mereka terus bertambah dan kemudian berani mendorong mereka untuk menambah semakin banyak cabang serta menu.

Baca juga: 10+ Bisnis Waralaba/Franchise yang Sukses di Indonesia 2022

Kekurangan Franchise Es Teh Indonesia

Sebuah brand yang berhasil memiliki pelanggan dalam jumlah banyak tentu tetap memiliki kekurangan. Berikut adalah tiga poin yang mungkin perlu Anda pertimbangkan sebelum franchise.

  • Keuntungan yang bergantung pada reputasi pemilik brand

Es Teh Indonesia sempat ramai di kalangan media sosial pada 2022 lalu setelah netizen bernama Gandhi mengeluhkan soal Chizu Red Velvet yang kemanisan. Gandhi dalam akun X-nya mengatakan bahwa minuman tersebut terasa seperti gula 3 kg dan diiringi beberapa umpatan kurang baik lainnya.

Tweet tersebut kemudian direspons langsung oleh admin Es Teh Indonesia. Bahkan, beberapa hari setelahnya Gandhi menerima somasi dari brand ini lantaran kata-kata yang kurang pantas tersebut. Gandhi diminta memberikan klarifikasi dan mengajukan permohonan maaf melalui akun X-nya karena sudah menyebarkan informasi yang tidak benar (terkait gula 3 kg) dan umpatan lainnya.

Meski berakhir damai, peristiwa ini tetap saja menjadi perbincangan hangat netizen. Beberapa dari mereka menyayangkan tindakan Es Teh Indonesia yang melayangkan somasi terhadap kritikus brand mereka. Pasalnya, hal semacam itu bisa direspons dengan cara menjelaskan kandungan apa saja yang terdapat dalam satu cup minuman daripada memberikan somasi yang terkesan anti-kritik.

  • Tingginya persaingan dari bisnis minuman manis lain

Poin berikutnya yang dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan adalah tingginya persaingan dari bisnis minuman lain. Ya, karena produk yang dijual adalah seputar es teh, tentu banyak dan mudah sekali untuk menyaingi usaha yang telah fenomenal ini. Beberapa brand yang menawarkan produk yang sama adalah Es Teh Poci, haus!, Tong Tji, Waroeng Teh Kotjok, hingga Menantea.

Daftar bisnis pesaing Es Teh Indonesia tersebut belum termasuk usaha-usaha kecil yang hanya dijalankan secara lokal, misalnya Es Teh Solo. Dengan angka persaingan yang tinggi, Anda sebagai calon pemilik franchise Es Teh Indonesia mesti memiliki strategi usaha yang mumpuni, mulai dari lokasi bisnis, strategi pemasaran, hingga sewa tempat yang lebih luas.

  • Harus memiliki desain toko sendiri

Saat akan franchise, semuanya memang sudah disiapkan oleh Es Teh Indonesia, termasuk karyawan, stok barang, seragam, sampai marketing tools. Namun, Anda tetap harus menyiapkan desain toko sendiri yang sesuai dengan standar dari Es Teh Indonesia. Umumnya, perusahaan ini menerapkan color palette hijau dan putih dengan dominasi warna hijau.

Bagi Anda yang akan mendirikan usaha dengan menyewa tempat, perkara desain ini perlu dipertimbangkan dengan matang. Pastikan Anda memilih cat yang sesuai dengan color palette mereka sehingga tidak membingungkan konsumen. Pemilihan desain interior yang sesuai standar juga akan membuat marketing tools Anda berpadu dengan baik.

Modal yang Anda perlukan untuk franchise Es Teh Indonesia adalah sekitar Rp135 juta seperti yang sudah disebutkan di atas. Biaya tersebut di luar pembelian tanah, bangunan, sewa lokasi, maupun renovasi lokasi bisnis. Namun, untuk urusan tempat, Anda bisa sesuaikan lagi dengan kemampuan, artinya tidak harus langsung besar dan luas di awal.

Hal terpenting saat akan memulai bisnis minuman manis ini adalah menetapkan lokasi usaha Anda. Pastikan lokasinya mudah dijangkau masyarakat, termasuk layanan pengantar makanan online. Dengan begitu, produk Anda dapat lebih mudah disebarluaskan dan keuntungan usaha pun akan semakin meningkat.

Baca juga: 9 Ide Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil

Keuntungan Franchise Es Teh Indonesia

Bagi Anda yang masih ragu untuk memulai franchise Es Teh Indonesia, lakukan penghitungan keuangan dengan sales rendah dan tinggi. Berikut perhitungan dari kami untuk Anda dengan harga pembelian sekitar Rp14 ribu setiap item-nya.

Sales Rendah

  • Lama hari : 30 hari
  • Jumlah pembelian per hari : 150 cup (x30)
  • Total penjualan : Rp63 juta
  • Biaya variabel : Rp39,06 juta
  • Biaya tetap : Rp10,9 juta
  • Penghasilan bersih : Rp13,04 juta

Sales Tinggi

  • Lama hari : 30 hari
  • Jumlah pembelian per hari : 300 cup (x30)
  • Total penjualan : Rp126 juta
  • Biaya variabel : Rp78,12 juta
  • Biaya tetap : Rp10,9 juta
  • Penghasilan bersih : Rp36,98 juta

Syarat Mendaftar Franchise Es Teh Indonesia

Apakah Anda sudah semakin yakin untuk franchise Es Teh Indonesia? Jika ya, berikut adalah sederet syarat yang mesti Anda penuhi untuk mendirikan usaha di bawah nama besar ini.

  • Membayar biaya komitmen

Es Teh Indonesia melalui website resmi mereka sudah menyatakan tahapan apa saja yang harus dipenuhi untuk franchise. Tahapan pertamanya adalah membayar biaya komitmen sebagai semacam jaminan bagi mereka. Sebab, mereka nantinya tidak hanya men-supply barang kebutuhan, melainkan juga memberikan training untuk memastikan bisnis Anda benar-benar berjalan.

Membayar biaya komitmen di awal artinya Anda harus memiliki sejumlah modal yang cukup banyak untuk menjalankan usaha franchise ini. Belum lagi, Anda mesti memiliki tempat bisnis yang proporsional bila ingin usaha benar-benar mudah diakses oleh masyarakat. Terakhir, Anda mesti paham bahwa bisnis seperti ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 6-20 bulan untuk balik modal.

  • Memiliki lokasi yang strategis

Lokasi yang strategi menjadi poin berikutnya yang mesti dipertimbangkan oleh pemilik usaha. Sebab, inilah yang akan memengaruhi seberapa besar total sales setiap bulannya. Ketika bisnis berada di titik yang mudah dijangkau, pelanggan dapat datang ke lokasi bisnis secara mandiri atau memesannya melalui layanan pengantaran online.

Ditambah lagi, setelah Anda membayar biaya komitmen, Es Teh Indonesia akan melakukan survei ke lokasi bisnis Anda. Tahapan ini ditujukan untuk meninjau kelayakan dan potensi bisnis sebelum berlanjut ke proses berikutnya, yakni desain outlet. Jadi, pastikan bahwa Anda sudah mempersiapkan lokasi terbaik, ya!

  • Menyerahkan konsep desain outlet kepada licensor

Proses selanjutnya adalah menyerahkan konsep desain outlet Anda kepada licensor. Seperti yang dijelaskan di awal, desain toko Anda harus sejalan dengan standar dari Es Teh Indonesia. Sehingga, pastikan bahwa color palette Kebun (sebutan untuk outlet Es Teh Indonesia) Anda didominasi warna hijau dengan perpaduan warna putih.

Jika ingin memancing minat masyarakat, Anda bisa sediakan ruang tunggu, ruang duduk, dan area bercengkerama yang asyik di outlet Es Teh Indonesia milik Anda. Dengan begitu, orang-orang yang datang bisa menetap sedikit lebih lama sehingga memungkinkan bagi mereka untuk membeli produk lagi.

  • Memiliki kesamaan visi misi dengan brand

Dalam berbisnis, modal saja tidak cukup, Anda juga harus memiliki visi misi yang sama dengan pemilik perusahaan utama. Es Teh Indonesia sendiri memiliki visi memperkenalkan merek dan produk mereka hingga ke skala internasional. Sehingga, orang-orang di seluruh dunia dapat mengenal teh asal tanah air yang begitu nikmat.

Selain membawa brand ini hingga ke mancanegara, visi Es Teh Indonesia adalah menciptakan lingkungan belajar yang enjoyable bagi enterpreneur dan interpreneur. Harapannya, pada 2026 mendatang ada sekitar 7.000 pengusaha profesional yang berhasil membangun kariernya di sektor bisnis F&B bersama Es Teh Indonesia.

Jika Anda memiliki visi yang sama dengan mereka, baik untuk membawa nama Es Teh Indonesia supaya semakin dikenal atau memacu diri sendiri menjadi pengusaha profesional, kemungkinan besar proposal Anda untuk menjadi franchiser akan diterima oleh mereka. Sampaikan secara jelas apa yang menjadi keinginan Anda sehingga mereka dapat mengerti goal Anda dengan baik.

Baca juga: Panduan Lengkap Memulai Bisnis Franchise Teh Poci

Cara Mendaftar sebagai Franchise Es Teh Indonesia

Es Teh Indonesia sangat terbuka dengan kolaborasi, kerja sama, atau partnership. Hal ini tercermin pada website sekaligus media sosial mereka yang menyertakan Contact Person (CP) jika ada yang berminat bekerja sama. Bahkan, di website mereka tertera tahapan lengkap bagi para calon franchiser, termasuk pembayaran biaya komitmen, survei lokasi, desain pembangunan outlet, pelunasan biaya lisensi, pengiriman bahan baku, training karyawan, hingga pembukaan cabang.

Bagi Anda yang ingin memulai langkahnya dari sekarang, isilah nama, email, nomor HP, subject, dan isi pesan pada section Partnership di website mereka. Anda juga dapat menghubungi salah satu dari CP mereka untuk urusan kemitraan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai syarat, keuntungan, dan cara franchise Es Teh Indonesia. Selain mengikuti SOP yang sudah ditentukan, buatlah pelanggan makin nyaman bertransaksi di tempat Anda dengan aplikasi kasir yang praktis seperti Moka POS. Bersama kami, Anda bisa menyelesaikan proses transaksi secara lebih cepat dan praktis, memberikan struk lewat SMS dan email, hingga memperoleh laporan keuangan setiap bulannya. Yuk, jadwalkan demonya dari sekarang!

Social Media Share :